Bengkel AC Riset HMFT 2013

Masih ingat waktu ada segerombol orang gotong-gotong AC ke dalam himpunan? Masih ingat mereka terlihat seperti maling? Tapi jangan salah, itu properti yang dipakai untuk kegiatan Bengkel AC.

Bengkel AC dilaksanakan di bawah pengawasan William Suriana alias Kiwil sebagai ketua Divisi Riset. Sekilas kegiatan Bengkel AC menurut Kiwil adalah mengenal komponen pada AC dan memahami sistem refrigerasi. Bengkel AC diadakan karena sistem tata udara merupakan bagian dari keilmuan FT dan alangkah baiknya dipelajari lebih dari sekedar duduk di kelas.

Kegiatan Bengkel AC kemarin dilaksanakan tidak hanya dalam sehari, tapi dalam waktu dua hari. Tidak hanya belajar teori tapi juga mengaplikasikan. Hari pertama berlangsung pada tanggal 28 Agustus 2013 yang bertempat di ruang seminar TF 2. Kegiatan di sesi 1 pada hari pertama diisi dengan sharing bersama peserta kegiatan Bengkel AC sebelumnya. Kemudian sesi kedua diisi dengan pemberian teori dan desain tata udara oleh Pak Romadhon sebagai nara sumber. Hari kedua dilaksanakan pada tanggal 7 September 2013 dan bertempat di perpustakaan pusat yang diisi dengan studi kasus tata udara di perpustakaan pusat lantai dua. Kegiatan ini terbilang keren, karena praktik langsung dan studi kasus. Menurut Kiwil, studi kasus dilakukan untuk menanamkan pola pikir desain bagi para peserta.

Peserta pada kegiatan Bengkel AC ditargetkan sebanyak 20 orang, tapi kenyataannya pendaftar yang ‘diizinkan’ mengikuti kegiatan ini hanya 12 orang. Hal ini terjadi karena para pendaftar tidak mengumpulkan essay yang diminta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *