Mengenal Vaksin, Manfaat dan Efek Sampingnya

Peningkatan penyebaran vaksinisasi di Indonesia kini kian meningkat. Hal ini menjadi salah satu aspek penurunan angka kasus COVID-19 yang terus menurun hingga saat ini. Lalu, apa, sih, itu vaksin? Apa manfaatnya dan apa efek sampingnya?

Vaksin adalah produk biologis yang digunakan untuk melawan penyakit dengan membantu sistem imun manusia. Vaksin terbuat dari mikroba penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau mati, atau agen yang mengandung suatu protein atau racun. Cara kerja vaksin adalah dengan meniru terjadinya infeksi penyakit itu sendiri. Ketika vaksin disuntikkan atau diteteskan, sistem imun akan menganggap vaksin sebagai organisme asing yang akan menyerang tubuh. Sistem imun akan mengirimkan sel khusus untuk memberantas vaksin. Dari situ, sistem imun akan mengingat alias membentuk memori atas kejadian tersebut.

Manfaat vaksin antara lain:

  1. Mencegah terkena atau mengalami gejala COVID-19 berat
  2. Membentuk kekebalan kelompok (herd immunity)
  3. Menghentikan penyebaran COVID-19
  4. Membantu melindungi generasi selanjutnya

Vaksin memiliki efek samping yang berbeda untuk setiap orang. Secara umum, efek samping yang terjadi setelah vaksin adalah lengan sakit, demam, kelelahan, sakit kepala, mual, dan nyeri otot. Namun, tak perlu khawatir. Efek samping umum saat divaksin menandakan sistem kekebalan sedang bekerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *