GALERI RUMAH KARYA HMFT

Hai Skullers!! Back to DINAMIKA!!! Ada yang seru nih dari HMFT 2018. Penasaran?? Intip dulu yuk!

SERTIJAB, 2 APRIL 2018

Every ending is the new beginning. Senin, 2 April 2018, HMFT melakukan ritualnya. Wah ritual apa tuh? Yak apalagi kalo bukan sertijab. Sertijab dilakukan di Plaza Widya Institut Teknologi Bandung. Sore itu awan terlihat mendung, seperti hatiku. Eh ga deng bercanda. Ya, sertijab dimulai dengan pelantikan MPA HMFT 18/19 oleh MPA HMFT 17/18, kemudian  MPA HMFT 18/19 melantik BP HMFT 18/19 dan dilanjutkan dengan prosesi serah terima jabatan BP lama dan baru menggunakan bendera. Selanjutnya Ketua BP HMFT 18/19, Muhammad Farhan Rosal memberikan sambutan, dan diakhiri dengan Banzai oleh seluruh massa HMFT ITB. Setelah prosesi sertijab usai, acara dilanjutkan dengan musyawarah kerja di sekre kita tercinta.

Tidak terasa periode kepengurusan BP 17/18 sudah berakhir. Semoga jerih payah yang telah dilakukan dapat menjadi pembelajaran untuk himpunan kita kedepannya. Selamat menjalankan TA, sukses selalu BP Rhapsody HMFT dan Morvacyma!!

Eits tentunya selamat dan semangat bagi BP 18/19 !!!! Semoga amanah Kapten !!!
” Jangan menjadi seseorang yang hanya mengutuk kegelapan, tapi jadilah pelita harapan  untuk menerangi kegelapan tersebut” – Ketua HMFT 2018 /2019 dalam orasinya

1

 

2

KOPSOR OSJUR, 12 APRIL 2018

3

Ngopi apa ngopi??? Diem diem bae.

Masih bingung tentang osjur?? Merasa ingin mengkritisi osjur tahun lalu tapi bingung bagaimana menyampaikan?? Pengen tau seluk beluk osjur itu gimana??

Nah di acara Kopi Sore ini, kita bicarain all about osjur sambil ngopi nih. Kamis, 12 April 2018, pukul 17.00 WIB @himpunanTercinta. Teruntuk seluruh calon KETUA OSJUR, calon ring 1 osjur dan seluruh Panitia Osjur WAJIB untuk mengikuti kopsor ini. Kenapa? Karena Kopsor ini akan membahas refleksi dan evaluasi osjur kemaren, serta sharing tentang osjur. Segenap skullers yang hadir nampak antusias dengan obrolan sore itu, karena ditemani Kopi Starbuck’s dengan kearifan lokal, gelas, air panas yang tentunya ready for us. Pembahasan cukup seru dengan adanya panitia osjur invicta dan invicta yang terus menggali segala sesuatu hal tentang osjur HMFT.

LKO, 14 APRIL 2018

Ada yang ngga kalah seru nih. Sabtu, 14 April 2018. Pagi itu semangat Invicta tercurah di wajah-wajah mereka. Awalnya memang masih sedikit yang datang, namun semakin siang Invicta banyak yang menyusul. Latihan Kepemimpinan Organisasi ini diawali dengan melakukan pemanasan, selanjutnya dibagi menjadi beberapa kelompok untuk dilakukan mentoring, mentoring berisi tentang visi dan misi BP HMFT 18/19 kembali sebagai reminder. Dalam mentoring pun disertakan nilai-nilai dari BP HMFT 18/19 yaitu Pelopor Pergerakan, Semangat Dedikasi, Harmonis, dan Mengabdi untuk Negeri. Setelah itu mereka diberikan studi kasus untuk mempraktikan sesuai dengan nilai tesebut dan memecahkan masalah yang ada di sekitar kampus. Ada yang inisiatif membelikan sendal untuk kamar mandi lembah TVST, ada juga yang memberi tulisan tempat sampah sesuai warnanya, dan lain-lain. Sempat juga ada sharing session oleh Arjun dari Morvacyma mengenai pentingnya kreativitas dan berkarya untuk masyarakat yang tentu menginspirasi untuk bergerak dan berkarya. Setelah dhuhur acara dilanjutkan di Taman Hutan Raya Djuanda. Disana mereka melakukan banyak hal, mulai dari foto-foto cimpi, games yang pastinya seru banget. Nampak sekali kekompakan Invicta saat dilakukan games. Menjelang sore perjalanan dilanjutkan ke Goa Jepang, disana dilakukan evaluasi kegiatan, meski perjalanan cukup panjang dan berbatu, mendaki gunung lewati lembah (eh ga deng lebay) mereka tetap semangat dan tidak merasakan lelah karena semua kesulitan itu dijalani bersama-sama. “Terimakasih LKO, saya jadi pernah ke Taman Hutan Raya.”, testimoni dari salah seorang Invicta. Dapat kita lihat keseruan LKO 2018 ini.

4

5

 

HEARING KETUA OSJUR, 19 APRIL 2018

6

Wah tidak terasa sudah mau osjur lagi ya. Yeayy skullers sekolah lagii, punya dede-dede emeshhh lagiii. Nah 19 Mei 2018 kemaren, HMFT mengadakan hearing ketua osjur nih. Hmm harusnya listening kali ya bukan hearing hehe. Calon kepala sekolahnya ada dua dari Invicta, ada Angga Bayu dan Reyza. Visi dan Misi yang mereka bawakan sangat bagus. Di antara keduanya memiliki keunggulan. Setelah unjuk kebolehan masing-masing, hearing dilanjutkan di hari yang lain untuk dilakukan musyawarah pemilihannya. Dalam suatu sekolah pastilah hanya satu yang memimpin, bukan yang terbaik, namun sosok itulah yang memang dibutuhkan Fisika Teknik 2017. Akhirnya terpilihlah Angga Bayu sebagai Kepala Sekolah Skullers 2018!!! Yeayyy. Semoga amanah Kapten!!!!

Berikut organogram Sekolah  Skullers 2018

7

WISPRIL, 7 APRIL 2018

Wisuda April 2018 (Wispril) merupakan wisuda yang diadakan pada bulan April (hmm). Hehe jadi salah satu dari tiga event wisuda tiap tahun udah terlaksana nih beberapa waktu yang lalu. Yup, Wisuda April atau Wispril HMFT yang diketuai oleh Ammar FT’16 ini sukses melepas sekitar 20-an wisudawan S1 Teknik Fisika dengan meriah. BTW, ini jadi wisuda pertama yang diurus oleh Invicta lhoo. J

Puncak acara berupa sidang terbuka dan arak-arakan diadakan pada Sabtu, 7 April 2018. Walaupun sempat ada hujan badai yang tiba-tiba menerjang, nggak menghalangi orasi danlap, salam swasta, dan Vivat FT yang menghebohkan tangga sunken siang itu. Cuaca pun segera cerah sehingga arak-arakan dan Avantgarde tetap bisa berjalan. Tentu saja featuring pentungan koran dan bom air 7 rupa (entah 7 entah lebih… Wkwk).

8

Di Wispril HMFT kali ini, dipilih tema yaitu “Radio”. Dengan tema ini, tim perform wispril berhasil membuat penampilan yang menarik plus keren abis. Ga hanya itu, megprop berupa radio superbesar yang dibuat tim artistik juga ga bakal terlupakan saking kecenya. Wispril kali ini nggak hanya seru di arak-arakan aja lhoo, tapi juga di pre event wisuda a.k.a prewis wispril yang diadain di Eat Story, Sulanjana. Prewis ini diisi dengan penampilan-penampilan kece dari sebagian skullers dan ada ucapan perpisahan ke wisudawan juga.

9

Selamat buat para wisudawan yang lulus April kemaren!! Selamat juga untuk Ammar dan tim yang berhasil membuat Wispril kali ini jadi sukses!! Semoga wisuda-wisuda kedepannya semakin seru ya!! Banzaii!!!

OAC, 15 APRIL 2018

10

Bedah himpunan, mungkin dua kata ini yang lebih tepat untuk menggambarkan aktivitas di atas. Setelah melalui serangkaian Wisuda April 2018 dan memang sudah lama tidak dirapikan, ya tentunya himpunan kita tidak layak lagi disebut rumah karena lebih mirip seperti gudang tak bertuan. Minggu, 15 April 2018 massa HMFT bersemangat bangun pagi-pagi untuk membasmi serangga-serangga yang berumah disana. OAC (Over All Cleaning) dimulai pukul 09.00 WIB (Waktu Indonesia Ber-Himpun). Karpet-karpet yang debunya setebal bulu mata Syahrini digulung dan dilarikan ke laundry di daerah Cisitu, kemudian karpet puzzle dicuci sendiri. Semua barang-barang yang ada di dalam himpunan dikeluarkan, hingga bingung bagaimana memasukkannya kembali hehe. Proses pembedahan cukup lama, mereka membagi tugas kepada seluruh skullers yang datang saat itu, ada yang mencuci karpet, ada yang mengepel dalam sekre, ada yang memilah barang yang benar dan yang salah, ada yang menata ulang posisi almari, ada yang hanya duduk-duduk meratapi nasib, ada yang main sepedaan, bahkan ada yang main hati. Sesekali ada yang mengeluh saking banyaknya hal yang harus dikerjakan, namun skullers tak selemah itu, semangat Skullers meningkat saat dilakukan pembagian kaos sisa ITB INSIGHT dan kaos-kaos yang lain, bahkan bukan hanya kaos tetapi ada yang beruntung juga, mendapatkan jahim. Hmm jahim gratis, tidak perlu osjur sudah dapat jahim. Sangat mantab. OAC selesai sekitar pukul 15.00 WIB, dan ditutup dengan makan bersama di dalam rumah kita yang sudah wangi dan rapi.

 

HMFT SEHAT (BADMINTON)

Minggu, 6 Mei 2018. Massa HMFT haus akan serunya olahraga bareng nih, jadi beberapa orang mengajak untuk badminton lagi. Seperti biasa badminton dimulai pukul 08.00 WIB dengan lokasi yang sama yaitu di GOR Cisitu. Meskipun ngga terlalu banyak yang datang, keseruan dan semangat para skullers masih sangat membara. Yuk, badminton lagi!!!

11

SKULLERS NIGHT, 27 APRIL 2018

12

Tepat hari ini, perkuliahan semester ini berakhir. Semua bergembira karena sudah tidak ada kuliah lagi semester ini, tapi stres juga karena banyak materi kuliah yang belum dipahami benar-benar. Namun, stres itu akan dilupakan sementara, karena dari pukul 17.00 – selesai akan ada acara di himpunan sebelum UAS berjalan. Berkolaborasi dengan pemikat (HMFT e-sports), divisi KKA mengadakan salah satu prokernya yaitu Skullers Night.

Skullers Night adalah proker dari KKA yang bertujuan untuk mendekatkan massa HMFT. Diawali dengan pembukaan oleh MC Pane dan Ainil (Invicta), Skullers Night dimulai. Mata acara pertama, pemberian apresiasi-apresiasi kepada massa HMFT yang berulang tahun, kemudian massa HMFT yang telah berkontribusi kepada Himpunan (Wisuda April 2018) maupun massa HMFT yang mengharumkan nama HMFT di luar HMFT, seperti panitia Ketua/Kadiv Unit, Menteri/Menko pusat, dll. Yang paling ditunggu-tunggu adalah terpilihnya Angga sebagai ketua osjur HMFT 2018.
Setelah seluruh apresiasi diberikan, yang paling ditunggu-tunggu massa HMFT telah tiba, yaitu sesi makan-makan. Dengan menu nasi padang dan beberapa lauk khas padang, seluruh massa HMFT makan dengan lahap layaknya orang yang telah lama berpuasa. Beberapa massa Morvacyma yang sedang di lab mengerjakan TA-nya menyempatkan untuk datang di sesi makan-makan ini (hmmm). Maria dan Raka (Hydra) meramaikan himpunan dengan memutar lagu Awkarin dan SNSD. Dalam kurun waktu 25 menit 24 detik, makanan habis, yang tersisa hanya plastik-plastik wadah makanan, serta aroma-aroma makanan yang masih dapat tercium di sudut-sudut himpunan. Massa HMFT yang telat datang hanya bisa mencium aroma tersebut.

131415

Skullers Night ditutup dengan acara terakhir yaitu proker dari pemikat (HMFT e-sports) yang bertajuk Fun Game Friday Night, yaitu beberapa massa HMFT bermain satu game dan ditonton oleh massa yang lain. Game yang dimainkan adalah Home Sweet Home (trailer dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=R-vYl7grT5Q ). Sungguh judul yang sangat tepat ya, mengingat hari ini adalah hari terakhir berkuliah (mungkin kalian yang sudah melihat trailer atau menonton langsung kemarin di Skullers Night akan aneh membaca ini). Massa HMFT yang maju sebagai pemain adalah Wan (Invicta) dan ditemani oleh Alfi (Hydra).

Alfi dengan beraninya masuk ke game dan mengatur settingan gamenya. Setelah setting-an tepat, Alfi memberikannya kepada Wan untuk memainkannya. Singkat cerita, Wan yang memainkan bagian intro dari game tersebut dibuat berkeringat dan deg-degan karena intensnya game tersebut. Para penonton juga berteriak-teriak karena mereka merasakan seperti berada di game tersebut. Setelah Wan sangat berkeringat, giliran Alfi yang menunjukkan skill hebatnya dan bergantian terus sampai pukul 23.30 malam. Skullers Night ini selesai setelah satpam mengusir kami semua dan para cewek pun takut untuk pulang sendirian, dan beberapa cowok takut untuk tidur sendirian.

MAIN KE PENGALENGAN

Masih ingat bagaimana indahnya, dinginnya, hijaunya Pengalengan?? Masih ingat di kala foto-foto cimpi di kebun teh?? Masih ingat Siti dan teman-temannya yang menggemaskan?? Beberapa hari yang lalu di tengah minggu ujian, hari Sabtu tanggal 12 Mei 2018, Biro Pengabdian Masyarakat HMFT ITB hadir kembali ke tengah-tengah hangatnya masyarakat Pengalengan. Tidak banyak, namun meninggalkan kesan tersendiri. Hari itu beberapa anak pengmas sepakat berangkat pukul 09.00 WIB, tapi ya namanya juga Indonesia ngaretnya ngga tanggung-tanggung, bisa sejam, dua jam, bahkan satu hari (kelewatan sih itu mah). Hehe. Ada yang naik motor dan ada yang naik mobil. Mobil baru berangkat sekitar pukul 11.30 WIB. Tujuan ke Pegalengan kali ini bukan hanya berkunjung, tetapi juga mengontrol bank sampah yang ada disana.

Selepas sholat dhuhur para skullers memutuskan untuk makan Indomie di warung pojok biasa nongkrong karena saking laparnya. Setelah itu mereka berkunjung ke salah satu rumah warga yang dulunya sebagai tempat menginap saat live in ITB INSIGHT 2017. Si Ibu sangat senang ketika mereka berkunjung, dan kabarnya beliau sedang hamil. Alhamdulillah hehe. Candaan kecil dari mereka membuat beliau terlihat bahagia.

Waktu sudah beranjak sore, perjalanan dilanjutkan ke rumah Pak RW, namun setelah sampai di rumah beliau tidak ada, jadi diputuskan untuk berkunjung ke SD. Sudah dapat ditebak, ternyata disana ada Siti yang kemudian kembali menggoda salah satu skuller yang sudah menjadi idamannya. Sekitar hampir setengah jam di SD, kemudian mereka kembali ke mushola untuk sholat Ashar. Setelah sholat, mereka berkumpul di sebuah rumah dekat mushola untuk melakukan evaluasi bank sampah. Kedua gambar di bawah ini adalah pemberian penghargaan kepada dua anak yang paling rajin pada bulan Mei.

1617

Banyak evaluasi-evaluasi yang disampaikan kepada Biro Pengmas dari anak-anak. Semoga evaluasi tersebut bisa dijadikan refleksi HMFT untuk menjadi lebih baik. Menjelang sore ada tiga skullers yang menyusul, mereka hanya sempat bertemu sebentar dengan anak-anak Pengalengan. Akhir acara kami berfoto, nampak keceriaan dan semangat dari mereka. Semoga semangat yang tercurah dari anak-anak ini bisa menular kepada kita, Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik Institut Teknologi Bandung. Vivat FT!!!

18

Sekian dulu ya kegiatan yang dapat dirangkum hingga Mei ini, semoga bisa membuat kita semakin semangat dalam menebarkan kebaikan kepada orang lain!!! Nantikan Galeri Rumah Karya selanjutnya!!! VIVAT FT!!!! BANZAII!!!

 

#InternalSensasional

#RumahKaryaHMFT

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *