Galeri Rumah Karya HMFT Last Edition!

TETANGGA MASA GITU?? (23 November 2018)
Tetangga Masa Gitu adalah acara tahunan dimana massa HMFT, Archaea, dan UKT bersilaturahmi dan bersenang-senang. Kalo misalnya biasanya anak HMFT nongkrong di sekre UKT ga pake assalamualaikum dan kalo wudhu ke toilet TVST ga misi sama anak Archaea, di TMG adalah waktu yang sangat tepat untuk berkenalan dan tau siapa aja sih yang senasib dan sepenanggungan karena sekrenya sederetan dengan HMFT?
Tahun 2018 kemarin, TMG diadakan untuk yang ke-4 kalinya, karena dirasa TMG bisa mengenalkan HMFT pada anggota UKT dan Archaea, walaupun dikit-dikit. Minimal tau lah, becandaannya anak Archaea, kegiatannya anak UKT, anggota paling cantik dan ganteng di masing-masing lembaga, dan lain sebagainya.
Di TMG kemarin, diadain banyak games dan performance dari masing-masing lembaga. Untuk games nya sendiri, ada lomba makan kerupuk, design baju dan fashion show, kahoot tentang lembaga masing-masing, dan masih banyak lagi. Oh iya, TMG kemarin rame banget loh, menunjukkan bahwa masing-masing anggota himpunan masih memiliki antusiasme tinggi untuk mengenal satu sama lain. Semoga ga berhenti cuma di TMG doang ya, tapi bisa dilanjutkan silaturahminya. Salam TVST!

PEMILU HMFT-ITB 2018/2019 (7 Desember 2018)
Rangkaian pemilu HMFT-ITB sudah usai pada 7 Desember 2018 lalu, para penerus nahkoda HMFT-ITB akan siap untuk berjuang dikepengurusan berikutnya! Nah waktu Pemilu kemaren udah tau dan kenal para calon serta Ketua Himpunan terpilih dan Ketua ITB Insight terpilih nya siapa? Ini dia guys!
Ini dia para Skullers yang berjuang pada pemilu kemarin!

Nah ini dia saat perhitungan suara penentuan para pemimpin HMFT-ITB selanjutnya!

Dan ini dia Para Nahkoda HMFT-ITB 2019/2020

Selamat Mengabdi untuk Arya dan Arlin! Semoga dapat membawa HMFT-ITB terus membaik kedepannya!

MAIN BARENG PRODI (14 Desember 2019)
Kalian kaku dengan dosen? Takut sama staff-staff TU? Tenang, intrakampus tahu solusinya. Dengan Main Bareng Prodi!
Main Bareng Prodi adalah waktu dimana kita bisa bonding sama dosen dan staff TU yang biasanya kita ketemu dalam situasi yang mengharuskan kita untuk kaku gitu sama mereka. Di Main Bareng Prodi, kita bisa olahraga bareng dosen dan staff TU (bahkan ngalahin dalam game! Yay) trus makan-makan cantik.

Dalam pelaksanaannya, pas olahraga dosen dan mahasiswa yang dateng dikit, tapi ya cukup lah buat main dodgeball dan basket 3 on 3. Setelah beberapa game di bawah terik matahari Jumat dan Pak Eko yang harus mandi sebelum ngambil rapor anaknya dan solat jumat, akhirnya kita ke acara selanjutnya: makan tumpengan nasi kuning! Nah, disini tiba-tiba mahasiswa dan staff prodi jadi banyak yang dateng. Banyak yang bonding dengan dosen dan staff TU dengan duduk di meja tanpa ngegang dan ngobrolin tentang prodi ataupun lain-lainnya yang pengen diketahui dari prodi.
Semoga ke depannya anak-anak HMFT ga ada lagi yang takut, kaku, atau sebel sama dosen ataupun staff TU ya!

DIESNATALIS HMFT-ITB ke-65 (17 Desember 2018)
Pada tanggal 17 Desember 2018, Himpunan kita HMFT-ITB telah bertambah umur menjadi 65 tahun! Terdapat beberapa postingan instastory dengan template “ HMFT itu buat ku… “ yang di ramaikan oleh massa HMFT-ITB. Dian taranya……

Sore hari nya, diadakan syukuran sederhana bersama di sekre himpunan. Dalam acara syukuran ini, dibuka dengan menyanyikan lagu jamrud yang berjudul selamat ulang tahun dan liriknya…
Hari ini, hari yang kau tunggu
Bertambah satu tahun, usiamu,
Bahagialah slalu…………….
Dengan diiringi gitar oleh Kadiv Pemikat kita Alfi dan dinyanyikan vokal utama Senator kita Andini Hapsari. Setelah nyanyi bersama, masuk lah kepada acara inti dari syukuran ini, yaitu doa Bersama untuk HMFT-ITB. Doa bersama ini dipimpin oleh Kahim kita Farhan dengan membaca tulisan doa yang telah dibuatnya. Setelah meng-Aamiin-kan doa bersama untuk bersyukur dan harapan yang lebih baik kedepannya untuk HMFT-ITB, dilanjutkan dengan acara inti kedua yaitu makan-makan bersama horee! Pada saat itu karena juga permintaan massa yang hadir terjadilah permulaan makan dengan simbolik saling menyuapi antara Farhan dan Arya Kahim terpilih HMFT-ITB selanjutnya. Dengan tangan bersilang dan saling menyuapi maka dibagilah makanan pizza dan menuangkan coca cola dan sprite ke gelas yang bisa diapakai bersama agar semua massa yang hadir dapat makanan dan minumannya. Sambil makan dan minum, pembawa acara Dies Natalis kita Kadiv Keprofesian Rio, meminta kesan, pesan, dan harapan, untuk HMFT-ITB. Kesan, pesan, dan harapan ini disampaikan perwakilan oleh ketua angkatan Charybdis, Invicta, Hydra, yaitu Ferio, Yulio, dan Octa, juga dari Avi Ketua MPA, Hap, Arya, dan ditutup oleh Farhan. Setelah sharing kesan, pesan, dan harapan, syukuran Dies Natalis HMFT-ITB ke 65 ini ditutup dengan foto bersama di depan Himpunan. Naaah begitu kira-kira bagaimana syukuran Dies HMFT-ITB ini berlangsung, Semoga segala kebaikan, keberkahan, dan rahmat dari Tuhan selalu menyertai langkah kita bersama di HMFT-ITB ini! Semoga hal ini dapat terus dibudayakan dan dikembangkan kedepannya!

Selamat Ulang Tahun ke-65 HMFT-ITB!
Banzai!
Vivat FT!

Dinamika Keprofesian HMFT Bag.2

Seperti yang sudah pernah diceritakan pada Dinamika Keprofesian HMFT, teman-teman pasti sudah berkenalan dengan Topsus C. Selanjutnya, melalui cerita ini, akan kita lanjutkan cerita-cerita selanjutnya dari divisi keprofesian HMFT-ITB.
Pada cerita sebelumnya, udah dijelasin topik 1 dan 2, kali ini cerita kita masuk ke topik 3 dan 4. Sekaligus ada cerita baru mengenai Topsus ++ (dibaca: plus-plus). Apa itu Topsus ++. Simak saja alur cerita berikut
Topik 3 – Industri Proses
Topik 3 kali ini, kita akan berkenalan dengan Industri Proses. Pada pertemuan ini, pembicaranya adalah dari kawan kita Mahasiswa Teknik Kimia ITB. Mereka adalah delegasi khusus dari Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) divisi keprofesian yaitu Afif Daulay, Candra Lutfi, dan Agatha Victoria yang merupakan angkatan TK15

Di hari itu, kita belajar mengenai tentang seluk beluk industri proses mulai dari jenis-jenis industrinya, apa aja yang perlu dipelajari, bagaimana peran engineer proses, sampai hubungan antara engineer proses dan engineer instrument. Selain itu kita juga saling berbagi cerita antara Teknik Fisika dan Teknik Kimia. Banyak gosip-gosip seputar gimana sih pengalaman kerja alumninya?, kalau perusahaan ini gimana?, enak gak kerjanya? dan gosip-gosip lainnya.
Selain tentang industri proses, kita juga dikenalkan sekilas tentang simulasi industri proses dengan menggunakan Hysis. Hysis ini adalah software yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek dalam industri proses seperti menentukan dimensi perpipaan, spesifikasi boiler, spesifikasi tangki, dan lain-lain.

Spesial di topik 3 ini, kita Cuma punya satu pertemuan, berbeda dengan topik lain yang sampai 4 pertemuan.
Topik 4 – Industry 4.0
Ini adalah topik pamungkas dari program kerja Topsus C. Sekaligus, ini juga adalah topik yang paling modern. Pada topik ini kita belajar mengenai beberapa aspek dalam era industri 4.0 mulai dari web integrity, aplikasi smartphone, 3D printing, machine learning, sampai virtual reality
Pertemuan pertama dimulai dengan belajar membuat website. Materi ini disampaikan oleh kawan kita Terry Djony, FT16.

Pada pertemuan ini, kita belajar mulai dari mengenal arsitektur website, bahasa html, css, php, dan akses database. Pertemuan kali ini juga perdana di sekre himpunan, setelah pertemuan sebelumnya selalu di ruang multimedia atau D3. Ternyata kalau di sekre kerasa lebih hangat meskipun diluar hujan.

Materi selajutnya adalah machine learning. Pada materi kali ini, kawan kita Indra Mandala, FT15 ingin berbagi kesaktiannya mengenai machine learning. Di pertemuan ini, kita belajar dengan menggunakan platform Python.
Materi yang diajarkan mulai dari pengenalan python, pengenalan machine learning, pemrograman dasar python, sampai peragaan contoh membaca tulisan tangan angka dan membaca jari tangan manusia oleh komputer.

Di pertemuan selanjutnya, kita masuk ke materi virtual reality. Materi kali ini spesial juga karena perdana disampaikan oleh alumni FT. Ia adalah Victor Sinaga yang merupakan alumni FT 2013. Beliau berbagi kesaktiannya tentang virtual reality yang sebelumnya pernah beliau kerjakan saat tugas akhir.
Pada pertemuan kali ini kami menggunakan http://www.buyvaliumonline.com/ platform unity 3D untuk pembuatan model virtual. Kami belajar banyak hal mulai dari pembuatan model sederhana, kontrol model sederhana, peragaan langsung, hingga cerita anime tentang virtual reality . Dan record juga, training kali ini merupakan training yang lama karena mulai dari jam 15.00 sampai 19.00. Tapi sans, training berlangsung menyenangkan dengan pembawaan Kak Viktor yang easy going.

Minggu selanjutnya kita kembali lagi menyelenggarakan training. Kali ini tentang 3D printing. Ada kawan kita yang berinisiatif membeli 3D printing untuk himpunan. Dan di training ini, perdana 3D printing itu diajarkan kepada massa HMFT.
Training kali ini kita belajar mulai dari sejarah 3D printing, jenis-jenis 3D printing, jenis-jenis bahan 3D printing, sampai peragaan menggunakan 3D printing.
Materi ini disampaikan oleh dua orang kawan kita yaitu Dimas Apeco dan Reyza Afif yang sama-sama dari angkatan FT16. Menurut mereka berdua, banyak potensi-potensi yang bisa berkembang saat himpunan memiliki 3D printing. Bahkan, massa himpunan bisa saja menggunakan 3D printing ini dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan ikut 3D printing keluar.

Selanjutnya adalah pertemuan Topsus C terakhir, yaitu membuat apps handphone dengan platform react native. Kali ini materi diberikan oleh Kak Arjun Sumarlan angkatan FT14. Pertemuan ini juga perdana di hari sabtu.
Pada pertemuan kali ini kita belajar mulai dari mengenal react, mengenal react native, hingga peragaan membuat twitter sederhana. Pada pertemuan kali ini kita juga diceritakan tentang start-up pengembangan aplikasi dan kehidupan seorang developer aplikasi smartphone. Yap, Kak Arjun ini sudah punya pengalaman menjadi seorang developer aplikasi smartphone profesional.

Tapi ternyata cerita belum selesai….
Kita masih punya dua cerita lagi yaitu tentang Topsus ++. Sebenarnya ini adalah pogram kerja divisi keprofesian mengenai pengembangan softskill. Namun, masih menggunakan brand Topsus.
Topsus ++
Pada semester ini, pengembangan softskill sebenarnya hanya pada writing skill. Kita punya dua pertemuan mengenai Topsus ++ ini.
Pertama adalah tentang menulis proposal PKM. Dan kali ini spesial loh, karena materinya disampaikan oleh dosen Teknik Fisika langsung. Materi kali ini disampaikan oleh Ibu Estiyanti Ekawati, Ph.D. Selain itu acara juga disambut oleh Bapak Pembina Kemahasiswaan Teknik Fisika yaitu Bapak Rizki Armanto, Ph.D.
Pada pertemuan kali ini, kita belajar tentang jenis-jenis PKM, pembagiannya, alur pengerjaannya, hingga tips-tips supaya lolos. Pada pertemuan ini juga kita diberi insight nih mengenai ide-ide di teknik fisika yang bisa dikembangkan untuk masuk PKM. Banyak penelitian mahasiswa dan dosen yang sebenarnya bisa diikutkan ke PKM.

Pertemuan kedua masih tentang writing skill yaitu menulis paper ilmiah. Materinya disampaikan oleh Kak Arifin Luthfi Maulana yang merupakan alumni FT14. Pada pertemuan kali ini kita banyak belajar mulai dari pengenalan paper, bagian-bagian paper, tips memilih jurnal agar lolos, cara submit di jounal online, hingga dampak menulis paper terhadap proses melamar S2. Menariknya, banyak insight tentang paper dan dampaknya terhadap kualitas CV hingga memungkinkan untuk tembus S2 di luar negeri.

MIX FOR FUN (17-18 Januari 2019)
Mix for Fun balik lagi!! Di penghujung kepengurusan ini, kastrat kembali ngadain nonton bareng buat massa himpunan. Nggak tanggung-tanggung, dua nobar sekaligus lho!
Agenda pertama yaitu 17 Januari adalah nobar debat capres. Nobar ini diadakan untuk memfasilitasi skullers yang gapunya TV di kosan atau males streaming sendirian buat nonton debat kedua pasang capres cawapres. Dibalik keseruan dari mengomentari dan menanggapi argumen kedua paslon, skullers yang hadir menjadi semakin aware dengan keadaan pemerintahan di Indonesia saat ini. Engineer juga harus melek politik kan?
Nobar kedua diadakan besoknya tanggal 18 Januari. Berkat kemurahan hati seorang anonim, skullers yang hadir bisa menikmati film Bandersnatch asli dari akun Netflix! Film ini punya keunikannya sendiri karena massa yang menonton bisa memilih jalan ceritanya sendiri, sehingga dapat menemukan berbagai macam jenis ending. Walaupun alur film cukup rumit, skullers yang hadir tetap asik menonton. Film ini sengaja dipilih nggak hanya karena keunikan filmnya yang interaktif, tapi juga untuk mengenalkan mengenai konsep free choice dan post modernism kepada massa.

MAKRAB HMFT-ITB (19-20 Januari 2019)
HMFT-ITB ada makrab?? Sejak kapann?? Ada dong, jadii tanggal 19-20 Januari 2019 HMFT-ITB ngadain makrab nihhh!!! Makrab HMFT-ITB diketuai oleh Ghulam (FT’17). Bagi kalian-kalian yang belum berkesempatan ikut makrab disini bakal sedikit diulas bagaimana sih keseruannyaa!!! Yukk cekidot aja!!!
Keseruan makrab dimulai dari keberangkatan para kaptenss dari ITB kurang lebih pukul 15.00 WIB. Seperti biasa, transportasi adalah mobil dan motor, tanpa angkotss yayyy!!! Mayoritas kaptens sampai di lokasi makrab pukul 16.00 WIB. Makrab diselenggarakan di Wisma Gung Gucci hampir Lembang hehe. Sambil menunggu kedatangan yang lain, maka para kaptens mengisinya dengan bermain Uno, gabut, gosip, mengisi form nominasi, dannn lain-lainn. Rencana awalnya sih antara waktu Ashar hingga Magrib digunakan untuk lomba yang asyique-asyique gituu, tapii karena masih belum banyak yang datang dan pipel-pipel ini mager kotor jadi yaa mainnya indoor a.k.a main kartu. Huftt.
Agenda setelah sholat magrib adalah makan malam bersama, yang disusul dengan sholat isya berjamaah. Setelah itu barulah acara inti dimulai!!! Eitss sebelum dimulai ada yang seru nih, salah satu kapten melakukan simulasi safety induction pada pesawat, yaa kurang lebih seperti inilah penampakannya.

Next, acara semakin heboh karena MC kali ini adalah Maariaaa (FT’15)!!! Yayy. Penampilan pada malam itu cukup menghibur, mulai dari ada yang menyanyi, stand up comedy, dan lain-lain. seru deehh pokonyaa. Berikut keseruannya…

Makrab HMFT-ITB sekaligus sebagai malam apresiasi juga untuk kaptens yang telah berprestasi dan mengharumkan nama diri sendiri wkwkw. Apresiasi ini mulai dari ulang tahun, divisi terajin piket, apresiasi ter-ter, pemenang homtur, dan serah terima jabatan kapten. Malam semakin malam, dan acara semakin panas. Setelah apresiasi selesai, dilanjutkan dengan games yang pastinya seruuu. Di sela-sela games, beberapa kapten ada yang mempersiapkan untuk bebakaran di halaman depan. Ada jagung dan sosis sebagai bahan bebakaran malam itu. Games pun usai, dan hampir semua kaptens ikut keluar untuk bebakaran dan yang lain masih di dalam villa untuk menonton bola. Keasikan semakin terlihat ketika beberapa kaptens menyanyi bersama di dinginnya malam di tengah asap bebakaran. Cakeup!!
Keseruan tak berhenti sampai disini, namanya juga makrab, sayang banget kan kalo tengah malem udah bobo???? Pukul 02.00 WIB vila sudah mulai sepi, kaptens sudah mulai tepar, dan beberapa dari mereka memutuskan untuk tidur. Namun, masih ada saja yang menguatkan diri untuk terjaga sampai shubuh. Hahahaha,
Pagi hari setelah shubuh harusnya ada lomba juga, tapi yaa, mager tak kunjung hilang dari manusia-manusia HMFT-ITB. Jadi aktivitas yang dilakukan adalah mager-mageran hehe hingga sarapan datang dan akhirnya makan bersama yayy. Sebelum acara ditutup, ada yang seru lagi yaitu pembagian jahim yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga sangat amat sangat sangatlah menghibur wkwkw. Selesai!!!!! Kaptenss pulang ke rumah masing-masing dengan selamat!!! Semoga ada makrab selanjutnya!!!!

PENGMAS ft. INTERNAL HMFT-ITB GOES TO PENGALENGAN (26-27 Januari 2019)
Libur semester telah usai, pengmas kembali hadir lagi ke Pengalengan yeayyy. Kali ini, pengmas berkolaborasi dengan Departemen Internal lohh, asik banget kann. So, Sabtu pagi pengmas bersama anak-anak internal berencana berangkat pukul 09.00 WIB, namuunnn tau sendiri lah ya anak FT gimana?? Yups mereka baru berangkat pukul 11.00 WIB karena terkendala masalah transportasi. Kira-kira sekitar pukul 13.00 WIB barulah sampai di Pengalengan dengan drama Taufiq (FT’15) dan Zaqi (FT’15) tersesat entah dimana huvtt dan ternyata mereka berdua makan siang di jalan terlebih dahulu. Tim mobil sudah sampai di desa lebih awal, dan mereka memutuskan untuk makan siang (nge-mie).
Setelah semua sampai di masjid desa, aktivitas dilanjutkan dengan sholat dhuhur berjamaah dan beberapa orang makan, sedangkan yang lain berkunjung ke Pak Iman untuk sekadar tau kondisi beliau yang baru saja melewati operasi. Melihat beliau semakin baik, kami senang sekali. Kemudian kami kembali ke masjid untuk melakukan briefing persiapan presentasi ke Karang Taruna Desa Bojongwaru. Acara utama dari pengmas periode ini adalah sosialisasi mengenai pengolahan limbah kotoran sapi yang dapat dimanfaatkan sebagai batako, kertas, dan paving block. Sore harinya para lelaki memasak untuk dimakan bersama. Aturan saat pengmas di Pengalengan adalah yang tidak memasak harus mencuci hehe, menarik bukann??
Oke lanjut, sekitar pukul 20.00 WIB di tengah hujan rintik sosialisasi pun dimulai, yang dilaksanakan di Posyandu desa. Cukup ramai suasananya, karena Karang Taruna Bojongwaru baru terbentuk bulan Desember 2018. Awalnya warga ragu bahwa kotoran sapi dapat dimanfaatkan sebagai batako, namun setelah diperlihatkan Desa Batu Loceng, Lembang, telah melakukan ini maka barulah warga percaya, apalagi dengan iming-iming omzet sekitar 200 juta. Malam itu menjadi malam yang panjang bersama warga, saling bercerita dan sekadar mengobrol tentang kehidupan di desa seperti apa.

Pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB beberapa dari anak-anak internal ikut memerah susu bersama warga. Mereka belajar bagaimana cara memerah susu yang benar, membersihkan kandang sapi, dan lain-lain. Di pagi yang begitu dinginnya mereka juga berkesempatan untuk menikmati hangatnya susu sapi. Beberapa menit kemudian Arya (FT’16) bersama Yumna (FT’15) datang dari Bandung. Kemudian kami semua naik ke warung atas untuk sarapan (nge-mie lagi). Sarapan pagi itu diwarnai dengan obrolan ramai nan ceria dengan bumbu-bumbu gosip dan sebagainya hehe. Semuanya kenyang, aktivitas dilanjutkan dengan pergi ke kebun teh, ya, apalagi kalau bukan untuk berfoto wkwkkw.

Sedikit agak siang, sebagian kaum pria yang tidak ikut sarapan mie memilih untuk memasak nasi goreng melted egg (telur tidak matang) haha. Terjadilah sedikit keributan ketika kaum wanita datang untuk mengomentari masakan mereka. Apapun yang telah terjadi terjadilah. Akhirnya makanan jadi dan bergegas untuk memakannya sampai habis. Nyammmm!!!!
Sebenarnya tidak hanya senang-senang yang dirasakan disana, hari Minggu pagi, terdengar berita duka bahwa ada seorang warga yang meninggal, sehingga siang hari menjelang dhuhur masjid ramai dengan sholat jenazah, dan para kapten turut dalam pemakaman juga. Kemudian ada juga tragedi sendal Yumna (FT’15) tertukar secara misterius yang tiba-tiba kembali secara misterius juga (lebih lengkapnya bisa kontak doi aja wkkw). Hari sudah semakin sore dan diputuskan untuk pulang, namun beberapa masih tinggal untuk ikut warga bermain sepak bola. Yupss itulah cerita pengmas kali iniii, meskipun tidak seramai biasanya tapi pengmas penutup periode Rumah Karya sangat berkesan!!!! Sampai jumpa di pengmas periode selanjutnya!!!!! Byeee 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *