Tutorial LaTeX dan Overleaf

Apa itu LaTeX?

LaTeX adalah software typesetting yang digunakan untuk menghasilkan dokumen yang terlihat profesional. LaTeX dibuat berdasarkan ide what you see is what you mean (WYSIWYM), yang artinya pengguna hanya perlu fokus pada konten yang dibuat dan komputer akan mengurus pemformatannya. Sehingga hal-hal yang biasa dilakukan di Microsoft Word seperti mengatur jarak antar paragraf, ukuran font , dan penomoran dapat dilakukan oleh LaTeX sehingga pengguna hanya perlu menulis teks polos.

Mengapa menggunakan LaTeX?

LaTeX banyak digunakan pada dokumen ilmiah, buku, dan berbagai macam penerbitan. Bukan hanya dapat mengatur pemformatan dengan bagus, namun LaTeX juga dapat mengatur hal kompleks seperti ekspresi matematik, membuat daftar isi, dan tampilan yang konsisten di seluruh bagian.

Salah satu keunggulan lain dari LaTeX adalah banyaknya template yang tersedia untuk berbagai tipe dokumen. Template tersebut telah memiliki tampilan yang telah dibuat sebelumnya sehingga pengguna hanya perlu mengisi konten. Terdapat banyak sekali template yang tersedia mulai dari CV hingga slideshow .

Penulisan pertama LaTeX

File LaTeX dapat dibuat dengan membuat dokumen dengan format .tex. Contoh sederhananya:

\documentclass{article}

 

\begin{document}

Dokumen awal. Tanpa ada parameter atau package tambahan. Hanya berisi satu paragraf saja.

\end{document}

Terlihat bahwa LaTeX telah mengatur pemformatan paragraf dengan memberi indentasi pada baris pertama. Selanjutnya akan dibahas fungsi dari masing-masing bagian dari kode di atas.

Baris pertama dari kode menentukan jenis dokumen, atau yang biasa disebut dengan class . Class menentukan tampilan keseluruhan dari dokumen. Tipe dokumen yang berbeda akan memiliki class yang berbeda, misal CV akan memerlukan class yang berbeda dengan dokumen ilmiah. Dalam kasus ini digunakan class article, yaitu class paling sederhana yang ada di LaTeX. Class lain yang sering digunakan contohnya adalah book dan report.

Setelah itu terdapat bagian dari konten yang dilingkupi oleh \begin{document} dan \end{document}. Ini dikenal sebagai environment. Environment document juga disebut dengan body . Seluruh konten akan ditulis di dalamnya.

Menulis LaTeX dengan Overleaf

Overleaf adalah editor LaTeX online yang mampu digunakan untuk menulis dokumen LaTeX secara langsung di web browser . Umumnya dokumen LaTeX harus di- compile terlebih dahulu dengan menggunakan compiler LaTeX yang harus dipasang secara lokal di komputer pengguna agar dapat diperoleh hasil dalam format PDF. Namun dengan menggunakan Overleaf pengguna hanya perlu membuat akun dan dapat membuat dokumen LaTeX secara online tanpa harus memasang compiler terlebih dahulu.

Keunggulan lain dari Overleaf adalah dokumen yang dibuat dapat dibagikan kepada pengguna lain sehingga memungkinkan kolaborasi sesama anggota tim.

 

Tampilan umum dari Overleaf terdiri dari file-tree yang berisi seluruh file yang digunakan pada dokumen, jendela editor tempat menulis konten, dan jendela hasil yang berisi dokumen final yang telah di- compile .

File-file aset seperti gambar dapat di- upload pada file-tree , dan konten dapat diketik pada editor . Untuk menampilkan hasil dari dokumen, klik tombol Recompile pada jendela hasil. Setelah menunggu beberapa saat hasil akan ditampilkan.

Struktur dasar dokumen

Membuat preamble

Seluruh bagian pada dokumen sebelum \begin{document} disebut dengan preamble . Pada preamble didefinisikan jenis dari dokumen, bahasa, packages yang digunakan, dan beberapa hal lain. Contoh preamble pada dokumen normal adalah:

\documentclass[12pt, letterpaper]{article}

\usepackage[utf8]{inputenc}

\documentclass[12pt, letterpaper]{article}

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kode ini menyatakan class dari dokumen. Namun beberapa parameter opsional dalam kurung siku dapat ditambahkan. Pada contoh di atas digunakan parameter untuk mengatur ukuran font (12pt) dan ukuran kertas (letterpaper). Jika tidak ditentukan, ukuran font default dari dokumen adalah 10pt. Beberapa ukuran kertas lain adalah a4paper dan legalpaper.

\usepackage[utf8]{inputenc}

Kode tersebut mengatur encoding dari dokumen. Encoding yang direkomendasikan adalah utf-8. Jika tidak yakin mengenai encoding dapat masukkan baris ini ke preamble .

Menambahkan judul, penulis, dan tanggal

Untuk menambahkan judul, penulis, dan tanggal, baris-baris berikut harus ditulis di preamble .

\title{Dokumen pertama}

\author{Albert Einstein}

\date{November 2020}

Komentar juga dapat ditambahkan pada dokumen yang dapat digunakan untuk menulis catatan mengenai kode sehingga dapat lebih terorganisir. Untuk menambahkan komentar beri tanda % pada awal baris.

Kemudian untuk memunculkannya perlu ditambahkan \maketitle di dalam body , sehingga kode keseluruhannya adalah:

\documentclass[12pt, letterpaper]{article}

\usepackage[utf8]{inputenc}

\title{Dokumen pertama}

\author{Albert Einstein}

\date{November 2020}

\begin{document}

 

\maketitle

 

Dokumen ini memiliki judul, penulis, dan tanggal

 

% Baris ini adalah komentar. Sehingga tidak akan muncul di dokumen

 

\end{document}

Fitur umum LaTeX

Bold , italics , dan underline

Untuk memberi format:

  • Bold : menggunakan perintah \textbf{...}
  • Italics : menggunakan perintah \textit{...}
  • Underline: menggunakan perintah \underline{...}

Di Overleaf dapat digunakan shortcut Ctrl+B dan Ctrl+I untuk memberi format bold dan italics .

\textit{Penemuan} adalah proses \underline{pencarian} sesuatu yang \textbf{telah ada} namun belum diketahui sebelumnya

Menambahkan gambar

Sebelum menambahkan gambar, pastikan gambar telah tersedia di- upload ke Overleaf dan muncul pada bagian file-tree . Untuk menambahkan gambar dengan nama file garudago.png pada dokumen dapat dilakukan:

\documentclass{article}

\usepackage{graphicx}

\graphicspath{ {images/} }

 

\begin{document}

Garudago - KRAI ITB

 

\includegraphics[width=5cm]{garudago}

 

Unit Robotika ITB

\end{document}

Karena LaTeX tidak dapat mengatasi gambar sendiri, maka diperlukan package lain agar dapat melakukannya. Salah satu package yang tersedia di LaTeX adalah graphicx, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan gambar pada dokumen. Package ini memberikan perintah baru yang dapat digunakan, yaitu \graphicspath{...} dan \includegraphics{...}.

\graphicspath{ {images/} } digunakan untuk memberi tahu LaTeX bahwa gambar terletak pada folder images .

\includegraphics[width=5cm]{garudago} digunakan untuk menambahkan gambar dengan nama file garudago . Overleaf akan mencari file bernama garudago tanpa melihat formatnya. Terdapat juga parameter opsional width yang mengatur lebar dari gambar.

Caption , label, dan referensi

Gambar dapat diberi caption dengan menggunakan \caption di dalam environment figure.

\begin{figure}[h]

    \centering

    \includegraphics[width=5cm]{garudago}

    \caption{Logo Garudago}

    \label{fig:logo}

\end{figure}

Gambar \ref{fig:logo} adalah logo dari Garudago, tim KRAI dari ITB.

\label{fig:...} digunakan untuk memberi label pada gambar. Dengan label, gambar dapat direferensi di bagian lain dari dokumen.

\ref{fig:...} akan disubstitusi oleh angka yang menyatakan referensi dari gambar.

Membuat daftar

Daftar dapat dibuat dengan menggunakan environment yang bergantung pada jenis daftar yang akan dibuat.

  1. Daftar tak urut

Daftar tak urut dibuat dengan menggunakan environment itemize. Kemudian tiap isi dari daftar menggunakan prefix \item.

Terdapat 3 divisi di Garudago

\begin{itemize}

    \item Manager

    \item Kontrol

    \item Mekanik

\end{itemize}

  1. Daftar terurut

Untuk daftar terurut menggunakan environment enumerate.

Daftar mekanisme pada Try Robot

\begin{enumerate}

    \item Receive

    \item Try

    \item Kick

\end{enumerate}

Ekspresi matematika

Salah satu fitur yang membuat LaTeX sangat cocok sebagai alat penyusun dokumen ilmiah adalah kemampuannya dalam mengekspresikan persamaan matematika yang kompleks.

Terdapat dua jenis mode penulisan: mode inline dan mode display . Mode inline digunakan untuk menulis ekspresi yang menjadi bagian dari kalimat, sedangkan mode display untuk ekspresi pada baris tersendiri.

Mode inline

Hubungan antara ketiga sisi pada segitiga siku-siku dapat dihubungkan oleh persamaan $a^2 + b^2 = c^2$ dengan $c$ adalah sisi miring segitiga.

Untuk menulis ekspresi dalam mode inline dapat menggunakan $...$, \(...\), atau dengan environment math.

Mode display

Mode display memiliki dua versi: bernomor dan tidak bernomor.

Probabilitas ditemukannya partikel pada titik $x$ pada waktu $t$ diberikan oleh $|\Psi|^2$, dengan $\Psi$ merupakan solusi dari Persamaan Schr\"odinger

 

\[

i\hbar \frac{\partial \Psi}{\partial t} = -\frac{\hbar^2}{2m} \frac{\partial^2 \Psi}{\partial x^2} + V\Psi

\]

 

Persamaan tersebut juga dapat direpresentasikan dengan operator Hamiltonian menjadi

 

\begin{equation}

    i\hbar \frac{\partial \Psi}{\partial t} = \hat{H}\Psi

\end{equation}

Pada package amsmath terdapat banyak fitur tambahan untuk menampilkan persamaan. Untuk menampikan persamaan yang memiliki lebih dari satu ekspresi dapat menggunakan environment split.

\begin{equation}

\begin{split}

A &= \pi r^2 \\

&= \frac{\pi d^2}{4}

\end{split}

\end{equation}

Berikut adalah kode-kode umum untuk menuliskan beberapa simbol yang umum digunakan pada ekspresi matematika.

Deskripsi

Kode

Contoh

Huruf Yunani

\alpha \beta \gamma \rho \sigma \delta \epsilon

αβγρσδϵ

Simbol

\infty \nabla \partial

∞∇

Integral

\int_{a}^{b} x^2 dx

abx2dx

Summation

\sum_{n=1}^{\infty} 2^{-n} = 1

n=12-n=1

Limit

\lim_{x\to\infty} f(x)

f x

Untuk referensi lebih lanjut dapat dipelajari di link berikut: https://www.overleaf.com/learn/latex/Mathematical_expressions#Further_Reading

Author: Saleh Zaidan

Editor: Abdul Ghani


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *