Mahasiswa Teknik Fisika kembali ke CERN

Pada masa libur semester tahun 2014, salah satu mahasiswa Teknik Fisika ITB angkatan 2011, Gde Bimananda Mahardika Wisna  berhasil terpilih menjadi peserta CERN Summer Student Programme 2014 di Organisation Européenne pour la Recherche Nucléaire (CERN) di Jenewa, Swiss. CERN adalah organisasi yang mengoperasikan laboratorium fisika partikel terbesar di dunia yang berdiri sejak tahun 1954.

“Sebuah pengalaman yang sungguh luar biasa, merasakan bekerja di pusat ilmu pengetahuan terbesar di dunia, mengenal orang-orang ahli di bidang ilmu pengetahuan dan teman-teman dari seluruh dunia yang memiliki ketertarikan yang sama di bidang ilmu pengetahuan serta mendapat kesempatan untuk mengunjungi beberapa kota di Eropa, melihat dunia membuka cakrawala dan menambah wawasan!” Ujar Bima yang saat ini tengah mengikuti program pertukaran pelajar di Tokyo Institute of Technology.

Selama mengikuti kegiatan summer school ini, Bima berkesempatan untuk memperluas wawasannya dalam bidang fisika partikel serta teknologi nuklir. Banyak hal yang ia pelajari melalui berbagai kuliah yang disampaikan oleh para ahli dunia ditambah kesempatan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan  menyangkut eksperimen yang sedang berjalan di CERN. Secara perseorangan, Bima mendapat kesempatan untuk mempelajari mengenai detektor untuk identifikasi partikel yang memiliki momentum yang sangat besar dengan mendeteksi Foton Cherenkov yang dihasilkan oleh partikel berkecepatan lebih besar dari kecepatan cahaya dengan menggunakan lapisan tipis Cesium Iodide (CsI) dengan memanfaatkan efek Foto Elektrik. Projek ini ia lakukan dengan memanfaatkan beberapa fasilitas di CERN ini seperti Measurement dan Evaporation Chamber.

Bima di depan Le Globe de la Science et de l'Innovation, CERN

Bima di depan Le Globe de la science et de l’innovation, CERN

Seleksi dari kegiatan summer school ini dilaksanakan secara online dan tidak dipungut biaya apapun. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi berkas dan mengunggah CV, Transkrip Akademik serta essay mengenai motivasi dan proyek yang diminati. Kegiatan Summer School ini biasanya berlangsung dari bulan Juni dan Agustus setiap tahunnya dan menarik minat ribuan mahasiswa pelamar dari seluruh dunia. Pada tahun 2013 lalu, Nathaniel Chandra, seorang mahasiswa Teknik Fisika angkatan 2010 juga melakukan kerja praktek di lembaga yang sama.

CERN yang merupakan lembaga penelitian gabungan uni eropa ini aktif dengan berbagai penelitian bidang fisika partikel. Pada tahun 2012, penelitian pada detektor ATLAS dan CMS di akselerator Large Hadron Collider (LHC) CERN menelurkan sebuah penemuan besar dalam dunia fisika yaitu penemuan partikel elementer baru yang disebut Higgs Boson. Penelitian ini mendorong penghargaan Nobel Fisika tahun 2013 yang dianugrahkan kepada Peter Higgs dan François Englert yang mencetuskan teori mengenai partikel ini.  Lembaga penelitian ini juga cukup dikenal namanya lewat sebuah novel sains fiksi bestseller dunia Angels and Demons karya Dan Brown yang mengulas penelitian antimateri yang memang dijalankan oleh CERN.

NK 0914

Sumber: http://www.tf.itb.ac.id/akademik/mahasiswa-tf-kembali-ke-cern/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *