Raung

                Mahasiswa memiliki tugas yang sangat mulia yaitu kuliah, menuntut ilmu sebaik-baiknya di dalam kampus, untuk kemudian mengabdikannya pada nusa dan bangsa. Tetapi dengan kuliah saja tidak mencukupi semua kebutuhan yang dibutuhkan oleh mahasiswa, setiap mahasiswa membutuhkan pengembangan diri di bidang yang lain, selain akademik tentunya. ITB telah menyediakan berbagai wadah untuk para mahasiswanya, dimulai dari unit, himpunan, dan kegiatan-kegiatan kemahasiswan lainnya.

                HMFT-ITB, perhimpunan mahasiswa jurusan Fisika Teknik di ITB, secara rutin memfasilitasi anggota-anggotanya di bidang keprofesian, pengembangan masyarakat, kepemimpinan, kewirausahaan, dan pengembangan diri yang lain. Dengan berbagai macam kegiatan kemahasiswaan, HMFT kini memiliki kegiatan baru, yang lahir melalui sebuah perkumpulan bernama RAUNG. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh RAUNG terfokus pada kegiatan outdoor, seperti mendaki gunung, arung jeram, berkemah, dan kegiatan outdoor lainnya.

                Ide tentang RAUNG tercetus pada pertengahan Juli 2013, dilatarbelakangi oleh banyaknya anggota HMFT yang menyenangi kegiatan mendaki gunung.  Kemudian, terbentuklah suatu perkumpulan atau komunitas yaitu RAUNG, yang bertujuan untuk memfasiltasi minat anggota HMFT akan kegiatan outdoor. Pencetus dan pendiri RAUNG adalah Kevin ‘Cabe’ Bagus Christianto (FT 2011) dan Robi Juniardi (FT 2010). RAUNG diresmikan pada tanggal 14 Desember 2013, di Puncak Gunung Burangrang, dengan ketua pertamanya Kevin ‘Cabe’ Bagus Christianto (FT 2011). Kini anggota biasa HMFT yang sudah menjadi bagian dari RAUNG sudah mencapai 36 orang dari mulai angkatan 2009 hingga angkatan 2012, dan akan terus bertambah kedepannya.

Peresmian RAUNG di puncak Gunung Burangrang (Ketua pertama RAUNG Kevin Cabe, yang memegang bendera Indonesia)

Peresmian RAUNG di puncak Gunung Burangrang

                RAUNG memiliki singkatan, arti, dan filosofi yang dapat diketahui oleh anggota HMFT yang telah terdaftar menjadi anggota RAUNG. Kedepannya saya berharap RAUNG bisa tetap eksis  menyalurkan minat anggota HMFT akan berkegiatan outdoor, dan anggota RAUNG bisa menjadi pelopor kemajuan, pemimpin , dan teladan bagi HMFT-ITB. Lord Badden Powell berkata, “Suatu negara tak akan kehabisan pemimpin jika di dalamnya masih terdapat anak muda yang penuh keberanian mendaki gunung tinggi dan menjelajah lautan”.

Vivat FT!

RAAUUNG! HAUUMM!

RAUNG di Puncak Mega, Gunung Puntang

RAUNG di Puncak Mega, Gunung Puntang

Ketua pertama RAUNG, Kevin 'Cabe' Christian (FT 2011)

Ketua pertama RAUNG, Kevin ‘Cabe’ Bagus Christianto (FT 2011)

Oleh: Robi Juniardi (FT 2010)

One thought on “Raung

  1. Tambahan: Logo Raung sudah dibuat oleh Firman Gusti (13310052), dapat dilihat di http://annormali.wordpress.com/2014/03/26/raung/
    Arti logo RAUNG:
    1. Kepala Leopard yang melambangkan suatu ketangguhan dalam setiap individunya.
    2. Jumlah totol 45 buah yang melambangkan semangat 45.
    3. Warna latar belakang biru yang melambangkan latar belakang komunitas ini, yaitu HMFT ITB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *