Surat Bermanfaat

Teruntuk seluruh massa HMFT-ITB di mana pun kalian berada, kapan pun kalian membaca surat ini, aku berharap kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan semoga tetap memiliki semangat untuk senantiasa bermanfaat hingga akhir hayat.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,
Shalom, Salam sejahtera bagi kita semua,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan,

Dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa karena masih diberikan kesempatan untuk menyelesaikan surat singkat ini, izinkan aku bercerita tentang sebuah kisah pelayaran yang terjadi di Samudra Kaderisasi. Tujuan pelayaran ini adalah menjemput dan menempa para penghuni darat (dalam bahasa Inggris disebut Landlubber) yang tidak akrab dengan derasnya ombak Laut Teknik Fisika dan Laut HMFT-ITB, serta memiliki keinginan menjadi seorang kapten. Oleh sebab itu, mereka, yang terlebih dahulu menjadi seorang kapten, punya kewajiban untuk menurunkan ilmu serta menanamkan nilai-nilai yang telah diperoleh selama menjelajahi Laut Teknik Fisika dan Laut HMFT-ITB. Wadah yang digunakan dalam perjalanan ini adalah sebuah kapal yang bernama Sekolah Skullers 2020.

SS2020-1

Kapal Sekolah Skullers 2020 dikendalikan oleh para penghuni terumbu karang (dalam bahasa Sansekerta disebut Pravala) yang menerjang derasnya ombak physical distancing dan badai coronavirus. Dengan munculnya berbagai tantangan dan ancaman baru yang belum pernah ditemui siapa pun sebelumnya, para penghuni terumbu karang itu harus memodifikasi Sekolah Skullers 2020 dengan berbagai inovasi serta kreasi. Ketika Sekolah Skullers 2020 mencapai pelabuhan FTI’19, para penghuni darat yang telah terpilih sebagai pelaut muda (disebut TF’19) berhak untuk menaiki kapal tersebut. Dengan modal restu orang tua, para pelaut muda itu berangkat dengan tekad kuat menjadi seorang kapten.

Proses yang dilalui para pelaut muda ini tidak mudah. Ada berbagai lautan ganas yang harus mereka lalui, seperti Laut Kebangsaan, Laut Kemahasiswaan, Laut Kepemimpinan, Laut Adaptif, Laut Ketulusan, Laut Teknik Fisika, serta Laut HMFT-ITB. Namun, para pelaut muda itu tetap mampu melalui segala rintangan yang dihadapi karena kerja sama, rasa solidaritas, dan semangat mereka yang tak pernah padam. Kemudian, para pelaut muda ini akan menjadi masa depan (dalam bahasa Sansekerta disebut Anagata) para kapten yang mengarungi Laut HMFT-ITB.

SS2020-3

Hanya saja sebelum mereka bisa menjadi seorang kapten, ada tantangan terakhir yang harus mereka lalui, yaitu menaklukkan monster laut dari mitologi Yunani (dalam bahasa Inggris disebut Charybdis). Tetapi, berkat kegigihan dan kerja keras para pelaut muda itu, sekali lagi mereka berhasil menaklukan setiap halangan yang mereka temui. Di akhir pelayaran ini memang para pelaut muda itu menjadi seorang kapten, tetapi keberhasilan itu tidak semata-mata karena keberuntungan. Keberhasilan itu dapat diraih dengan begitu banyak proses yang harus dilalui sambil dinikmati.

SS2020-4

Aku harap perjuangan melalui proses menjadi sebuah kenangan dan semoga setiap kenangan itu muncul dalam pikiran, yang tersimpul pada wajah kita adalah senyuman. Memang pelayaran itu sangat singkat, tetapi aku harap bisa menjadi pelayaran yang sangat bermanfaat. Aku tidak tahu apakah surat ini bisa memberi kita manfaat, tetapi aku harap surat singkat ini bisa menjadi sebuah pengingat bahwa inti dari pelayaran itu adalah kolaborasi antar generasi, terciptanya rasa solidaritas, dan sebuah semangat untuk senantiasa bermanfaat hingga akhir hayat.

By the way, sudahkah kamu bermanfaat hari ini?

Untuk Tuhan, bangsa, almamater, dan HMFT-ITB. Banzai! Vivat FT!

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


Salam hangat,
Salah Satu Penebar Manfaat Sekolah Skullers 2020,
Moses Hubert 13318051

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *