SESEPUH

Sesepuh adalah salah satu program kerja Divisi Ekstrakampus HMFT yang mempunyai akronim seorang Skullers Panutanku. Pada Sesepuh ini kami beberapa mahasiswa Teknik Fisika mengunjungi alumni-alumni untuk bersilaturahmi dan mewawancarai pengalaman para alumni dalam mencapai kesuksesannya agar dapat dijadikan panutan bagi kami para junior. Pada sesepuh kali ini kami berkesempatan bersilaturahmi dengan Pak Yunandar Eka Perwira Fisika Teknik angkatan 94 .

24
Pak Yunandar FT’94 adalah alumi FT yang sekarang sedang menjabat sebagai anggota DPRD Jawa Barat. Selain itu juga menjabat Wakil Kepala Badan Pembentuk Perda Jawa Barat, sampai saat kami mewawancarai sudah lima perda dibuat oleh beliau. Beliau juga berperan besar dalam pembuatan perda energi terbarukan Jawa Barat sebagai satu satunya anggota DPRD Jawa Barat yang keilmuannya sesuai dengan perda tersebut.

 

Perjalanan politik Pak Yunandar bermula dari aktivitasnya ketika masih menjadi mahasiswa. Karena pada zamannya demokrasi bisa dibilang tidak ada maka beliau berusaha untuk membuat ada dengan cara berdemonstrasi, karena sering bertemu dalam demonstrasi itu akhirnya berkawan lah beliau, yang kemudian kawannya tersebut menjadi tokoh-tokoh politik. Setelah lulus beliau bekerja di LSI (Lembaga Survei Indonesia) dan konsultan politik. Suatu saat beliau didorong untuk maju menjadi calon legislatif dari situlah beliau akhirnya menjadi anggota DPRD Jawa Barat hingga saat ini.

Beliau juga pernah menjadi Ketua HMFT tahun 1997, beliau bercerita sudah ingin jadi Ketua HMFT sejak masih diosjur. Dari belau juga kami mengetahu bahwa ternyata HMFT pernah illegal, tidak mendapatkan fasilitas apapun bahkan menggunakan lambang tengkorak yang sekarang ada di jaket himpunan pun sembunyi-sembunyi. Tetapi walaupun pada saat itu tidak mendapatkan fasilitas seperti sekre, beliau berkata dimana semua kumpul, disitulah sekre kita. Selain itu keadaan tersebut juga mengajarkan daya juang, walaupun fasilitas tidak ada tetapi kegiatan harus tetap berjalan, berhimpun juga mengajarkan beliau sifat kepeloporan, sifat ini sangat berguna bagi beliau ketika sekarang menjabat sebagai anggita DPRD. Selain menjadi Ketua HMFT, beliau juga merupakan Ketua FKJ (Ketua Dewan Mahasiswa pada masa itu).

25
Beliau juga menuturkan bahwa di Teknik Fisika atau di ITB, kita diajarkan untuk menggunakan otak kita dengan maksimal. Pelajaran yang ada membuat kita terbiasa berpikir kompleks dan analitis. Kebiasaan itu membantu ketika debat dan diskusi untuk mematahkan argumen orang yang tidak logis. Beliau berpesan untuk nikmati setiap momen-momen ketika menjadi mahasiswa, jangan stress. Selain itu jaman sudah berubah, kalau dulu kita berusaha memperjuangkan demokrasi dengan berdemo, sekarang kita harus berusaha untuk mengusai teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *