Solar PV untuk Asih Putera, bag 1

Pada bulan April 2019 ini, beberapa anggota HMFT-ITB mendapat tugas untuk memperkenalkan dan mendemonstrasikan penggunaan Solar PV kepada siswa SMA sederajat di Madrasah Aliyah Multiteknik Asih Putera, yang berlokasi di Cimahi, Jawa Barat. Tugas ini (atau kami biasa menyebutnya proyek), dimulai oleh salah satu dosen Teknik Fisika ITB, yaitu Pak Rahmat Romadhon. Dari beliau, tugas ini pun turun, dan akhirnya beberapa orang pun bertanggung jawab untuk mengunjungi MA Asih Putera sekali seminggu selama tiga minggu.

Pertemuan pertama dilaksanakan pada Rabu, 27 Maret 2019. Pertemuan pertama ini hanya digunakan untuk menjelaskan Solar Panel dan membagi seluruh siswa kelas 10 dan 11 ke dalam beberapa kelompok untuk selanjutnya diberikan tugas. Dalam pembagian ini, kelas 10 mendapat tugas untuk membuat model kereta listrik yang akan mendapat suplai daya listrik dari sebuah solar PV yang berukuran kecil. Sedangkan kelas 11 mendapat tugas membuat sistem sensor yang mendapat daya listrik juga dari solar PV berukuran kecil. Setiap 3 kelompok akan mendapat 2 orang pembimbing, yaitu kami para mahasiswa . Pertemuan pertama pun ditutup dengan penentuan ketua kelompok dari setiap kelompok besar (yang terdiri atas 3 kelompok)

Pertemuan kedua dilaksanakan pada Sabtu, 13 April 2019. Purwarupa untuk diperlihatkan kepada siswa kelas 10 dan 11 pun telah selesai dibuat. Pertemuan hari ini bertujuan untuk menjelaskan tugas mereka dengan lebih rinci, serta membagikan beberapa komponen yang sepertinya sulit mereka dapatkan. Setalah melakukan pemaparan, para pembimbing tiap kelompok pun langsung dipersilahkan menuju ke kelompoknya masing-masing untuk menjelaskan langkah pengerjaan.

Untuk kelas 10, mereka mendapatkan sebuah solar PV mini, modul charger, sebuah baterai, dan sebuah motor DC berukuran kecil. Tugas dari siswa kelas 10 adalah, membuat gerbong kereta yang akan digerakkan oleh motor DC, beserta mekanisme transmisi dan bentuk roda, lalu mereka juga membuat mekanisme induksi agar
tegangan yang diperoleh dari solar PV dapat menyuplai daya ke dinamo agar dapat menggerakkan kereta. Untuk itu, tugas pertama mereka adalah melakukan penyolderan solar PV – modul charger – baterai, sebagai komponen-komponen yang memberikan daya untuk kereta.

Pertemuan kedua ini pun berakhir ketika seluruh komponen telah terhubung. Pertemuan selanjutnya, akan dilaksanakan pada bulan Mei, yang menjadi waktu penyelesaian dan pengujian dari tugas mereka.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *