Training PLC Workshop HMFT 2013

IMG-20130428-WA0004

Training PLC Workshop HMFT ini adalah acara yang setiap tahunnya diadakan oleh divisi workshop, departemen keprofesian HMFT. Acara ini diadakan dengan membentuk kepanitiaan tersendiri yang anggotanya masih dalam lingkup divisi workshop. Tujuan training ini adalah untuk memperkenalkan dasar pemrograman PLC dan implementasinya kepada massa HMFT. Sasaran utama training ini adalah bagi massa HMFT angkatan tahun kedua, yaitu angkatan 2011 pada tahun ini, tetapi juga tidak menutup kemungkinan bagi angkatan lainnya.

Pada tahun ini, dengan menimbang berbagai hal seperti tujuan training ini sendiri, keefektifan dan keefisienan watu, serta jadwal kosong massa HMFT, pada akhirnya Training PLC Workshop HMFT dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada hari Jum’at, 26 April 2013, pukul 15.00 hingga 17.00, berlokasi di ruang Seminar TF 2 lantai 4, gedung Labtek 6. Sesi berikutnya dilaksanakan pada hari minggu, 28 April 2013, pukul 09.30 hingga 14.00, berlokasi di ruang Seminar TF 1 lantai 1, gedung Labtek 6. Peserta training dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 25.000,00. Fasilitas yang diberikan selama dan setelah training adalah modul yang terbagi dalam dua sesi, snack, makan siang, dan sertifikat.

Sesuai dengan tujuannya, materi yang disuguhkan dalam training PLC ini adalah dasar pemrograman PLC menggunakan program simulator logixpro, komponen dasar diagram ladder dalam logixpro (input, output, timer, counter), logika-logika dasar, dan implementasinya melalui studi kasus. Agar lebih menarik dan peserta lebih mengerti tentang studi kasus yang dihadapkan, panitia mempersiapkan cerita dan animasi – animasi menarik yang dibuat berdasarkan hal – hal yang mendasar dan dapat djumpai dalam kehidupan sehari – hari. Selain itu, untuk menarik semangat dari para peserta, panitia juga menyuguhkan berbagai implementasi PLC yang lebih advance, seperti pemrograman pada elevator, pabrik botol susu, dan lampu lintas. Pada tahun 2013 ini, training disampaikan oleh dua orang trainer, yaitu Steve Darmadi dan Rezzal Andryan Respati Aji yang merupakan anggota divisi workshop HMFT angkatan 2011.

Pada sesi pertama, peserta dipaparkan tentang seluk beluk penggunaan PLC di dunia control industri, mulai dari penggunaan relay sebelum PLC hingga munculnya PLC itu sendiri, kemudian dijelaskan mengenai jendela program simulator Logixpro. Alasan digunakannya program simulator logxpro adalah karena program simulator ini mirip penggunaannya dan memang disesuaikan dengan hardware Allen Bradley yang dipelajari di laboratorium – laboratorium kontrol FT seperti laboratorium ICA, dan laboratorium instrumentasi industri. Selain itu, program Logixpro juga mudah digunakan dengan user interface yang simple. Logixpro juga menyediakan berbagai macam simulator yang menarik dan jelas implementasinya. Setelah itu, peserta dipaparkan materi tentang komponen dasar ladder diagram pada logixpro dan peserta diperkenankan untuk mencoba sendiri penggunaanya dengan berbagai simulator, seperti I/O simulator, door simulator dan silo simulator. Lalu peserta dipaparkan mengenai gerbang logika dasar AND dan OR. Untuk mengasah kemampuan logika, peserta diberikan studi kasus dalam bentuk cerita yang menarik dan berlanjut hingga akhir acara yang dikemas dengan beragam animasi menarik untuk memperlihatkan detail kejadian agar peserta lebih mengerti dengan kondisi studi kasus sebenarnya. Pada sesi ini diberikan dua buah studi kasus dengan dua macam simulator, yaitu I/O simulator dan door simulator. Bagi peserta yang mau memaparkan hasil rancangan programnya dari studi kasus yang diberikan, panitia menyediakan hadiah – hadiah menarik. Untuk teaser ke sesi berikutnya, peserta diberikan PR dan diberikan hadiah bagi yang mau memaparkan programnya. Jumlah peserta yang hadir 29 peserta dari total 30 peserta.

Pada sesi kedua, acara dibuka dengan lanjutan kisah studi kasus yg diberikan pada sesi sebelumnya. Lalu dilanjutkan dengan materi logika pemrograman yang lebih advance, seperti NAND, NOR, dan XOR beserta studi kasusnya. Lalu dilanjutkan mengenai materi output latch dan unlatch berserta studi kasusnya, dan dilanjutkan materi timer dan counter juga beserta studi kasusnya. Lalu pada pukul 12.00 diberikan waktu untuk istirahat, makan siang dan sholat. Lalu dilanjutkan lagi dengan soal studi kasus yang kedua dengan silo simulator. Lalu ditampilkan beberapa simulator yang lebih advance. Lalu acara dilanjutkan dengan pembahasan PR dan pembagian kuesioner. Acara ditutup dengan do’a dan foto bersama peserta dan panitia. Dalam acara ini juga hadir ketua departemen keprofesian HMFT, Malik Akbar, dan ketua divisi workshop HMFT, Firman Gusti, yang telah banyak memberikan masukan demi keberlangsungan acara. Jumlah peserta yang hadir 27 peserta dari 30 peserta.

Semoga kedepannya acara ini menjadi lebih baik, lebih kreatif, dan lebih menarik. Atas kerjasama semua pihak, panitia acara training PLC workshop HMFT 2013 mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya. Berikut di lampirkan hasil kuesioner yang diambil dari peserta training.

PLC2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *