Wisuda April 2019 : Cerita sang Nahkoda

Suatu hari, jiwa ini terpanggil untuk mewujudkan keresahan yang lahir dari lubuk hati yang dalam. Setiap langkah dilalui dengan begitu ambisius untuk mewujudkannya. Tetapi, berhentilah pada suatu tempat dan seseorang yang dulunya pernah mengisi posisi seperti diriku mengatakan “Tidak banyak yang bisa diubah dari acara ini”. Lantas diriku langsung sadar kemana harus aku bawa mereka yang juga memiliki semangat untuk mensukseskan acara ini. Awal mulanya, sudah terbentuk 13 orang yang akan berjuang untuk mengapresiasi mereka yang akan meninggalkan bumi ganesha. Setiap langkah ini tidaklah begitu mudah, terutama menularkan semangat kepada setiap sobat karib. Ya, cukup semangat yang sudah bercampur dengan darah saja yang akan mensukseskan acara ini, begitulah pikirku.


Setelah kami terbentuk, kami mulai membentuk tema besar dalam pengapresiasian ini. Kami melakukan voting terhadap tema yang akan kami bawakan dan merundingkannya di dalam grup angkatan kami. Kuajukan ide tentang bajak laut dan beberapa tambahan ide dari ring 1 yang menyempurnakan ide ini. Singkat cerita, terpilihlah tema kami yaitu “Bajak Laut”. Tema ini terpilih karena menyesuaikan tema dengan pusat Wisuda April ITB yaitu “Cita Pembangunan Bangsa” yang mengedepankan apa yang bisa diberikan oleh tiap jurusan terkait profesinya kepada Indonesia. Jelas jurusan kami tidaklah spesifik bidangnya. Tetapi karena tidak spesifiknya, kami mudah menghubungkan setiap bidang Teknik menjadi satu. Maka dari itulah kami menyebutnya seperti bajak laut yang membajak berbagai ilmu Teknik.

Wisudawan April HMFT-ITB 2019


Temapun sudah terbentuk, selanjutnya tema pre-wisuda yang belum. Kami lakukan lagi pooling di grup besar kami atas tema pre-wisuda yang akan kami angkat. Setelah mendapatkan tiga tema terbanyak yang dipilih, kami lakukan pooling kembali kepada para wisudawan untuk tema yang mereka inginkan dan juga tempat yang mereka inginkan. Alhasil terpilihlah tema “Casino night” dan kami menggunakan tempat di “Sierra Cafe” yang sangat indah dengan suasana malamnya. Para kru pre-wisuda April sangat senang setelah selesainya acara pre-wisuda pada 2 hari sebelum hari wisuda. Kami sangat lega melihat masukan dari massa himpunan yang antusias dan mengapresiasi apa yang telah kami lakukan sampai hari pre-wisuda.


Berbagai masalah datang dan pergi telah kami hadapi. Kesalahpahaman diantara kami yang menyebabkan berkurangnya kinerja kami. Tetapi, mengalahnya satu pihak akan menyelesaikannya. Sulitnya menyesuaikan jadwal antar setiap individu. Tetapi, cara pandang yang benar akan peran mereka yang menyelesaikannya. Cara pandang yang melihat setiap komponen sama pentingnya. Hilangnya anggota setiap divisi. Tetapi, perjuangan pemimpin divisilah yang akan menyelesaikannya. Pekerjaan yang tidak selesai sesuai dengan yang direncanakan. Tetapi, mudur sejenak untuk melihat apa yang salah dan melihat masa depan sebagai kebahagiaan dan hari ini adalah berkahlah yang akan menyelesaikannya. Hilangnya akar kreatifitas serta inovasi dalam setiap sentuhannya. Tetapi, pertukaran pola pikir dengan mereka yang berjuang bersamalah yang akan menyelesaikannya. Terakhir, hilangnya jiwa-jiwa yang memiliki tujuan yang sama. Tetapi, motivasi atas apa yang mau diwujudkan dan rasa tanggung jawab yang tinggilah yang akan menyelesaikan semua ini. Tangan yang bergandeng bersama-samalah yang akan dapat melalui semua itu. Ya kami, bukan saya.


Helaan napas yang panjang telah dihembuskan kemarin pada malam hari tanggal 6 April 2019. Jiwa-jiwa kami merasakan kebahagiaan dan kepuasan atas hasil kerja keras yang telah dilakukan. Lelahnya berdagang, lelahnya membuat kapal besar, lelahnya menampilkan penampilan terbaik kami, lelahnya mempersiapkan acara sampai malam hari di Bandung atas, lelahnya mempersiapkan segala kelengkapan, lelahnya menekan tombol yang akan mengabadikan setiap gerakan mereka, lelahnya mengarak mereka yang akan menjadi berkah di masyarakat, dan lelahnya membantu mereka yang sudah akan meninggalkan bumi ganesha ini. Semua itu terbayarkan dengan senyuman dari setiap wisudawan dan wisudawati yang kami lihat. Akhirnya keresahan ini dapat terselesaikan.

Salam cinta kasih dari kami,
Para pelayan Wisuda April HMFT 2019

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *