“Wiskini Bottom”, Wisuda Oktober HMFT-ITB 2020

Agustus 2020, memasuki bulan keenam kita harus diam dirumah dan tidak bisa bertemu orang lain. Tidak bisa bertemu teman-teman dan kakak-kakak senasib seperjuangan yang sebelumnya kita temui hampir belasan jam tiap harinya, dari belajar (atau tidur) di kelas bareng, makan di kantin bareng, main ping-pong, ngobrol ngalor-ngidul, sampai ngobrol versi bermanfaat di forum-forum himpunan. Bayangkan saja berapa banyak momen berharga yang bisa terjadi dalam enam bulan, yang sayangnya terlewatkan karena pandemi. Sedih, pasti, tapi bagiku masih ada harapan untuk bertemu teman-teman kalau tahun depan pandemi ini berakhir. Lalu bagaimana dengan kakak-kakak kita yang sudah harus lulus, meninggalkan kampus dan seisinya?

Mereka belum sempat mempersiapkan perpisahan yang layak dengan teman-teman dan adik-adiknya, kita juga belum sempat mengapresiasi dan menyampaikan rasa terima kasih atas bimbingan dan pengabdian mereka selama 3 tahun di HMFT-ITB. Apalagi wisuda seharusnya menjadi momen highlight yang membayar semua perjuangan mereka di perkuliahan.

Aku, sebagai adik yang sempat merasakan bimbingan kakak-kakak wisudawan, ingin sedikit meringankan kesedihan kakak-kakak yang harus wisuda jauh dari teman-teman, dengan menghidupkan kembali kemeriahan wisuda yang sempat diredupkan oleh pandemi.

Terbentuk panitia inti dengan 13 orang yang berkeinginan sama sepertiku. Tema yang kami pilih adalah Wiskini Bottom, dari Spongebob Squarepants. Kami memilih tema ini karena, kalau ditanya alasan bagusnya: ada moral value yang bisa diambil dari Spongebob yang pekerja keras dan juga dari persahabatan karakter-karakternya. Kalau ditanya alasan sebenarnya sih, karena Spongebob cocok aja sama himpunan kita yang sukanya bercanda, hehe.

Sebelum dilaksanakan rangkaian acara, kami mengadakan beberapa pensuasanaan di sosial media, tentunya ada lewat twibbon, post, dan story IG. Tapi kalau itu saja rasanya sudah terlalu biasa dan kurang gaul, jadi dibuatlah akun twitter khusus untuk massa HMFT-ITB mengirimkan pesan menfess.

Pre-event pertama, Krusty Night, bertujuan memberikan wadah dan kesempatan pada wisudawan untuk bermanfaat terakhir kalinya sebagai anggota HMFT-ITB. Krusty Night ini adalah acara sharing session yang dikemas dalam bentuk talkshow, dengan pembicaranya 3 orang perwakilan dari wisudawan. Harapannya, adik-adik tingkatnya mendapatkan sesuatu dari sharing pengalaman mereka. Pre-event kedua, merupakan kolaborasi dengan proker internal Skullers Night dari divisi KKA HMFT-ITB. Karena acara bertepatan dengan Halloween, diadakan dresscode (virtual) ala-ala acara Halloween pada umumnya. Inti pre-event ini adalah untuk menyambut angkatan terbaru HMFT-ITB, yaitu Anagata, sekaligus jadi Skullers Night terakhir bagi wisudawan.

Beberapa hari sebelum hari-H wisuda, diadakan main event Wiskini Bottom: Wiskinight Party, atau bahasa umumnya, Syukwis. Acara ini diisi oleh sambutan-sambutan, ucapan terimakasih, pembacaan TAP MPA, video flashback angkatan Invicta dari osjur sampai tahun terakhir, menertawakan cerita-cerita kocak wisudawan, dan tentunya, (sedikit) air mata.

Bagian yang kurasa paling dirindukan oleh kita semua dari setiap wisuda HMFT-ITB yaitu Avantgarde, alias acara gebuk-menggebuk favorit kita. Walaupun jelas-jelas tidak mungkin dilaksanakan saat pandemi, Panitia Perayaan Wisuda Oktober ITB 2020 menyediakan arak-arakan virtual via Roblox. Avantgarde pun bisa dilaksanakan, minus rasa capek, sakit, dan dendam karena digebuk.

Sangat disayangkan kita harus berpisah dalam keadaan yang terpisah pula, namun walaupun acara ini punya banyak keterbatasan, aku harap Wiskini Bottom menjadi acara yang berkesan bagi semuanya yang turut berpartisipasi. Khususnya untuk para wisudawan, aku harap Wiskini Bottom dapat sedikit mengobati kerinduan pada himpunan, menimbulkan senyuman di masa-masa penuh kesulitan, dan menjadi kenangan sampai puluhan tahun kedepan.

Selamat wisuda, Kapten!
Selamat berlayar di lautan luas,
dan jangan lupa untuk terus berkata: “Aku siap!” Sampai jumpa lagi, semoga kita dipertemukan di lain kesempatan.

Salam,
Panitia Wisuda Oktober HMFT-ITB 2020

Video Arak-arakan Virtual HMFT-ITB 2020

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *